"Research
Design,
Qualitative &
Quantitative Approaches"
"Desain
Penelitian,
Pendekatan Kualitatif
& Kuantitatif"
Buku dengan judul "Research Design, Qualitative &
Quantitative Approaches" karya John W. Creswell(seorang Prof. Pendidikan
psikologi di kampus keguruan, University of Nebraska, Lincoln dan juga ahli
dalam desain penelitian kualitatif dan kuantitatif dan metode) yang sudah
diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia oleh Kajian Ilmu
Kepolisian(KIK) Angkatan III dan IV Universitas Indonesia bekerjasama dengan
Nur Khabibah. Hasil penerjemahan dengan judul "Desain Penelitian,
Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif" karya John W. Creswell
diterbitkan oleh Penerbit KIK Press pada tahun 2002(cetakan pertama) dan
2003(cetakan kedua) untuk kalangan
sendiri( lingkungan UI). Buku yang saya baca adalah cetakan yang kedua dengan
kata pengantar dari Prof. Parsudi Suparlan, Ph.D( seorang guru besar
pascasarjana KIK, UI, Dosen Dalam Metode Kualitatif, Metode Antropologi dan
Seminar Usulan Penelitian di S1,S2 dan S3 di Lingkungan UI) dalam kata
pengantar beliau menyinggung bahwa di Perguruan Tinggi yang ada Indonesia saat
menggunakan pustaka masih terjadi pustaka buku yang memiliki paradigma bertolak
belakang dalam sebuah skripsi, tesis atau desertasi. Hal itu disebabkan
dosen(pembimbing) mahasiswa yg melakukan penyusunan hanya memfokuskan atau
bahkan mewajibkan(pada universitas tertentu) setiap skripsi atau sejenis harus
memiliki pustaka kurang lebih 20 buku ataupun lebih banyak lagi lebih bagus
tanpa mempedulikan paradigma apa yang digunakan buku-buku tersebut sehingga
tercampurnya 2 paradigma (kualitatif dan kuantitatif)yang berlawanan pun
menjadi potensi yang besar. Beliau berharap dengan diterjemahkan dan jua
diterbitkannya buku ini menjadi cahaya penyadar mereka.
Deskripsi struktur
buku
Buku ini memiliki tebal 1,2cm, lebar 14,6cm dan panjang 21
cm. Jika lembaran dalam buku ini diberi label halaman berurutan dari cover
depan sampai cover belakang maka terdiri dari 234 halaman. Warna cover depan
terdiri dari putih(untuk tulisan), dan hitam,hijau, merah, ungu (untuk
background yang mendominan). Kalau cover belakang, warna putih (untuk tulisan)
dan hitam (untuk background). Perancang lay out & desain cover oleh Hari
Mulyanto dan ilustrasi cover oleh Chryshnanda DL.
Point isi buku
Buku ini memiliki 11 bab yang membahas tentang pendekatan
kualitatif dan kuantitatif secara mendalam dan disertakan contoh-contohnya. Bab
1 memiliki judul "Kerangka Penelitian" dan subjudulnya yaitu Fokus
Penelitian, Paradigma Penelitian( Dua Paradigma, asumsi paradigma,sebuah
paradigma tunggal dan kriteria penelitian), metode-metode yang berhubungan
dengan paradigma, format penyusunan bagian-bagian dan rangkuman. Dari judul dan
subjudul bab 1, kita bisa mengetahui garis besar tujuan bab 1 itu sendiri yaitu
mencoba membawa pembaca untuk masuk menyusun kerangka penelitian mereka.
Langkah awalnya dengan menentukan fokus penelitan. Setelah itu, pembaca
disajikan paradigma penelitian untuk menentukan paradigma mana yang cocok atau
diinginkan atau jua berkorelasi dengan fokus penelitiannya. Selain itu, hal
yang masih penting kita pelajari untuk kerangka penelitian ialah metode-metode
yang berhubungan dengan paradigma yang kita pilih, format penyusunan
bagian-bagian dan terakhir membuat sebuah rangkuman. Bab 2, "Penggunaan
Pustaka" , jua memberikan dasar untuk rencana penelitian secara
menyeluruh. Bab ini menyajikan bagaimana dan kapan harus menggunakan pustaka
dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif, tujuan tinjauan pustaka, informasi
tentang sumber perpustakaan, jenis-jenis pustaka, dan bagian-bagian suatu
artikel(opini) yang akan dirangkum dalam suatu tinjauan pustaka. Dalam bab ini
juga disajikan diskusi tentang peta pustaka penelitian untuk merangkum pustaka.
"Pengantar Penelitian" dalam bab 3 disajikan beberapa perbedaan dalam
penulisan pengantar dari paradigma kualitatif dan kuantitatif, juga diberikan
model ilmu sosial umum yang terdiri dari unsur-unsur masalah pustaka pembaca.
"Pernyataan Tujuan" dalam bab 4, hal yang pertama dibicarakan tentang
signifikansi pernyataan ini, diikuti dengan dasar-dasar kunci dalam penulisan
suatu tujuan dari paradigma kualitatif dan kuantitatif. Setelah merencanakan
suatu "pernyatan tujuan" umum, selanjutnya kita merancang
pertanyaan,tujuan, atau hipotesa penelitian khusus. Yang akan diungkapkan dalam
Bab 5, "Pertanyaan, Tujuan,dan Hipotesa", disajikan dasar kunci untuk
kedua paradigma dan model penyusunan yang baik. Bab 6 akan menyingkap
"Penggunaan Teori" . Bab ini mulai dengan definisi sebuah teori dan
ciri-cirinya kemudian informasi tentang penggunaan teori dalam penelitian
kualitatif dan kuantitatif. Dalam Bab 7,"Definisi, Pembatasan, dan
Signifikansi", dibicarakan bagian-bagian dari pendefinisian istilah,
pembatasan penelitian, dan penentuan signifikansi penting suatu penelitian
untuk berbagai macam pembaca. Seperti dalam semua bab, dasar.dasar desain dan
contoh digabungkan dalam diskusi. Bab 8 "Suatu Metode Kualitatif" dan
bab 9 "Suatu Prosedur Kualitatif", memberi informasi kepada kita
tentang pengumpulan data dan analisa data bagi kedua sudut pandang paradigma .
Tujuan di sini bukan untuk menyajiakn suatu "Naskah Metode" tetapi
untuk menyoroti keputusan kunci yang harus dibuat dalm merancang suatu
penelitian. Dalam kedua bab ini dianjurkan tulisan-tulisan lain untuk
memberikan diskusi terperinci. Bab 10,"Desain Kualitatif dan Kuantitatif
Gabungan" menyimpangdari bab-bab sebelumnya dalam hal diskusi-diskusi
tersebut menyajikan keputusan desain untuk menggabungkan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif dalm suatu penelitian tunggal. Setelah uraian singkat mengenai
pustaka dala triangulasi, metode gabungan dan desain gabungan, bab ini
menyajikan tiga model desain gabungan: Model dua tahap, Model dominan - kurang
dominan, dan Desain metodologi gabungan. Ketiga model tersebut dilengkapi
dengan Contoh dari artikel jurnal. "Penulisan Ilmiah" dalam Bab 11
akan dibahas mengenai strategi untuk proses penyusunan, seperti kalimat
naratif, penulisan sebagai pemikiran, kebiasaan menulis serta hubungan dan bisa
tidaknya tulisan dibaca oleh pembaca. Kemudian diskusi beralih ke pertimbangan
editorial- kalimat aktif, kata kerja dengan pemikiran tentang program komputer
yang ada untuk menulis dan memperbaiki naskah.
Pada akhirnya pembaca diajak untuk merancang suatu penelitian
setelah membaca buku ini dengan tuntas meski merancang suatu penelitian adalah
suatu proses yan sulit dan membutuhkan waktu. Buku ini tercipta buukan untuk
menjadikan proses itu mudah, tetapi hanya untuk membantu peneliti dalm
melakukan proses itu sehingga tercipta Pemahaman paradigma-paradigma yang lebih
baik, pendalaman proses penulisan dan penyusunan penelitian ilmiah yang kita
gunakan.
Kayan manggala
Semester 2
2013